Minggu, 31 Oktober 2010

UNSUR UNSUR MANAGEMEN

Dari uraian terdahulu nampak bahwa pengertian managemen selalu diterapkan dalam hubungan usaha  suatu kelompok manusia dan tidak pada usaha satu orang tertentu walaupun penerapan terhadap usaha satuorang ini tidak mustahil . Kelompok manusia atau unsur kelompok manusia ini adalah unsur dasar terpenting dalam managemen hingga tergantung pada kemampuan menggerakan orang - orang ini pulalah sucses tidaknya kegiatan seorang manager.
Ada 3 (tiga) kategori kemahiran yang dimiliki oleh setiap manager (menurut Auren Turis ) yaitu :

a. Kemahiran yang bertalian dengan hubungan kerja kemanusiaan " human relation skill " seperti bekerja sama bawahan ,memupuk hubungan baik dengan atasan ,memupuk kerja sama dan koordinasi dengan manager yang setingkat dengan lain lain

b. Prosedural dan administrasi " prosedural and administrative skills " seperti mengendalikan pekerjaan -pekerjaan tata usaha dan memepergunakan waktu kerja dengan efektif.

c. Pribadi " personal skills " ,seperti pengaturan  daya ingatan ,pemisatan, pikiran dll.


Rex F Harlow mengemukakan 3 kemahiran dasar yang diperlukan bagi seorang manager yaitu :

a. Kemahiran teknis yang cukup untuk melakukan upaya dari pada tugas khususnya yang menjadi tanggung jawabnya ( teknical skill )

b. Kemahiran yang bercorak kemanusiaan yang cukup dalam bekerja dengan sesamanya guna menciptakan keserasian kelompok yang efektif dan yang mampu menumbuhkan kerja sama antara amggota - anggota bawahan yang ia pimpin '' human skill"

c. Kemahiran menyalami atau (mengetahui) keadaan yang cukup untu menemukan antara hubungan dari pelbagai faktor yang tersangkut dalam suasana itu, yang biasa memberikan petunjuk - petunjuk kepadanya mengambil langkah - langkah dimaksud, sehingga mencapai asil yang maksimal bagi organisasinya secara keseluruhan ( conceptual skill )

L Katz menggambarkan kebutuhan ,kemahiran-kemahiran tersebut behubungan dengan ketiga tingkatan manager  ( Higher manager, Midle manager, lower manager)

Oleh Erik E PKP-PK





      

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nambah materi buat kuliah, hehe makasih banyaakk ;)