Selasa, 09 November 2010

COLD CHECK PROSEDURE DAN HOT CHECK PROSEDURE UNTUK AUTOMATIC TRANMISSION

Seperti  telah disampaikan pada tulisan terdahlu apa itu  AUTOMATIC TRANMISISSION dan apa apa saja elemen dari automatic tranmission dan cara kerjanya serta bagaimana cara perawatanya maka dalam tulisan berikut ini untuk mengetahui seberapa jauh pemerataan fluida dalam tranmisi otomatis dalam pemanasan kendaraan .

TUJUAN : MELAKUKAN PEMERATAAN PENYEBARAN FLUIDA DALAM SYSTEM TRANMISI (PEMANASAN) 

1. Kendaraan ditempatkan ditempat yang datar dan aktifkan arking break
2. Hidupkan mesin  dengan RPM 1000 s/d 1500 selama 1 menit kembalikan kondisi stationer (idle) kemudian ditempatkan tuas persnelling komposisi D (DRIVE) lalu R (RESERVE). kembalikan kembali posisi tuas persnelling keposisi N (NETRAL) dan setelah 10 menit pemanasan dan temperatur pada tangki sudah mencapai 16 - 49 drajat celsius maka COLD CHECK dapat dilakukan.

Catatan : Kadar fluida akan meningkat ( mengembang ) saat temperatur dalam tangki bertambah tinggi.

3. Ukuran ketinggan FLUIDA (dapat dilihat melalui dipstick) harus pada posisi COLD RUN atau RE FILL BAND


HOT CHECK PROSEDURE

TUJUAN : MENGETAHUI PERKEMBANGAN FLUIDA SEJALAN DENGAN PERTAMBAHAN TEMPERATUR PADA TANGKI


1. Jalankkan kendaraan sampai temperatur FLUIDA mencapai :
    a. Suhu temperatur (71-93 drajat celsius)
    b. converter out temperatur (82-104 drajat celcius)
2. Kendaraana  ditempatkan ditempat yang datar dan aktifkan parking break tempatkan tuas persneling pada
   posisi N (netral), RPM 500-800 .
3. Bersihkan dipstick dan periksa ukuran FLUIDA pada tangki apakah mencapai level HOT RUN BAND

PANDUAN PEMAKAIAN AUTOMATIC TRANMISI

1. Tuas persneling harus dalam posisi netral (N) saat kendaran tidak beroperasi atau di panaskan
2. Kendaraan harus benar benar terhenti saat tuas perseling kan dipindahkan dari posisi maju keposisi mundur
3. Teempatkan tuas persneling keposisi yang sedang (2-3) saat beroperasi pada medan menurun atau mendaki
4. Gunakan tombol diferensial pada kondisi jalan berlumpur atau kendaraan slip (dengan cara perlahan - lahan )
5.Lakukan tes jalan dalam berbagai kecepatan
Oleh Wahyu Riyanto Koja PKP-PK

Tidak ada komentar: