Kamis, 28 Oktober 2010

ORGANIZATION AND MANAGEMEN

Dalam artikel ini diharapkan para pembaca dapat memahami persoalan sekitar organisasi dan managemen ,untuk menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai manager pemula (supervisor) dilingkungan kerja masing - masing ,dengan hal tersebut dapat dikiranya kita lihat sistematika dari organisasi dan managemen :

1. Principle of organization and management (Prinsip-prinsip organisasi dan managemen)
2. Delegation Of authority ( hakiki organisasi)
3. Unity of comand (kesatuan komando)
4. Span of Control ( rentang kendali  )
5. Division of Work (pembagian kerja )
6. Function of Management ( proses managemen)
7. Type of  leadership ( kepemimpinan )
8.Organization of Directorate general of Air communications
1. Pengertian Organiasai
 Setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama secara formal terikat dalam rangka mencapai suatu tujuan yang yelah ditentukan dalam ikatan mana terdapat seorang / beberapa orang yang disebut atasan seorang / sekelompok orang yang di sebut bawahan.

2. Hakiki organisai 
 sebagai alat administrassi dan manajemen organisasi dapat ditinjau dari dua sudut pandang yaitu organisasi sebagai wadah dan organisai sebagai proses.

 a. Organisasi sebagai wadah.
     Sebagai wadah, organisasi adalah tempat dimana kegiatan-kegiatan adminitrasi dan management dijalankan.sebagai wadah organisasi perlu memiliki suatu pola dasar struktur organisasi yang relatif permanen.tetapi meskipun begitu perkembangan, semakin kompleksnya tugas-tugas yang harus dilaksanakan, berubahnya tujuan,bergantinya pimpinan, beralihnya kegiatan, semuanya dapat merupakan faktor yang menuntut apa adanya perubahan dalam struktur suatu organisasi. dalam hal demikian, pola dasar organisasi itu perlu dibuat atas landasan yang kuat dan pemikiran yang matang karena perubahan struktur organisasi selalu mengakibatkan INTERRUPSI dalam pelaksanaan tugas. Penulis dengan sengaja mempergunakan istilah RELATIF STATIS untuk menjelaskan organisasi sebagai wadah karena tidak ada satu organisasi yang berkembang bertumbuh dan maju boleh berada dalam keadaan ABSOLUT STATIS.

 b. Organisasi sebagai proses.
        Organisasi sebagai proses menyoroti interactionantara orang-orang di dalam organisasi itu. karenanya, organisasi sebagai prose, jauh lebih dinamis sifatnya dibandingkan dengan organisasi sebagai wadah. Organisasi sebagai proses membawa kita kepada pembahasan 2 macam hubungan di dalam organisasi
yaitu HUBUNGAN FORMAL yang mneimbulkan FORMAL ORGANIZATION dan HUBUNGAN INFORMAL yang menimbulkan INFORMAL ORGANIZATION.
hubungan formal antara orang-orang dalam organisasi pada umumnya telah di atur dalam dasar hukum pendirian organisasi dan pada truktur oragnisasi serta hiraki yang terdapat dalam organisasi. Hubungan formal ini biasanya tergambar dalam bagan organisasi, sesuai dengan dasar hukum yang telah di tentukan. hubungan informal di antara orang-orang dalam organisasi tidak di atur dalam dasar hukum pendirian organisasi. tidak pula terlihat dalam struktur organisasi.juga tidak tergambar dalam bagan organisasi, sesuai dengan dasar hukum yang telah ditentukan.
Hubungan informal antara orang-orang dalam organisasi tidak diatur dalam dasar hukum pendirian organisasi. Tidak pula terlihat daalam srtuktur organisasi. Tidak pula terlihat dalam struktur organisasi. Juga tidak tergambar dalam bagan organisasi.

3. Prinsip-prinsip Organisasi.
Dimuka telah dikatakan  bahwa hasil daripada pengorganisasian ialah terciptanya suatu organisasi yang dapat digerakan sebagai suatu kesatuan dalam rangka usaha pencapaian tujuan yang telah ditentukan, menurut rencana yang telah ditetapkan. Jika demikian halnya sukses tidaknya administrasi dan managemen dalam melaksanakan fungsi pengorganisasian dapat dinilai dari kemampuan untuk menciptakan suatu organisai yang baik. Yang dimaksud dengan organisai yang baikadalah suatu organisasi yang memilikli ciri-ciri (sifat-sifat) sebagai berikut :

a)  Terdapat tujuan yang jelas.
b)  Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap orang di dalam organisasi.
c)  Tujuan organisasi harus diterima oleh setiap orang dalam organisasi.
d)  Adanya kesatuan arah (unity of direction)
e)  Adanya kesatuan perintah (unity of comand)
f)  Adanaya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab seseorang.
g)  Adanya pembagian tugas (distribution of work)
h)  Struktur organisasi harus disusun sederhana mungkin.
i)  Pola dasar organisasi harus relatif permanen.
j)  Adanya jaminan jabatan (security of tenure)
k)  Balas jasa yang diberikan pada setiap orang harus setimpal dengan jasa yang diberikan.
l)  Penenmpatan orang yang sesuai dengan keahlianya (The right man in the right place)

4. Pengertian Manajemen.
Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain, bahwa organisasi dapat dipandang sebagai wadah dan proses.


Berikut ini Definisi  manajemen guna memperjelas pengertian tentang manajemen.
a.  John D. Millst
Managemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formalsebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

b. Elmore Petersons and e.Grosvenor Plowman.
Managemen dapat diberikan definisi sebagai suatu tekhnik dengan tekhnik mana maksud dan tujuan dari sekelompok manusia tertentuditetapkan, diklasifikasikan dan serta dilaksanakan.
c.  Ordway Tead
Manajemen adalah proses dan perangkat yang mengarahkan serta membimbing kegiatan-kegiatan suatu organisasi dalam mencapai tuuan yang telah ditetapkan.
d. Ralph C.Davis.
Manajemen adalah fungsi daripada setiap pimpinan executif dimanapun.

e.  John F.Mee
Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maximal dengan usaha yang minimal.
f.  S. Kimball and D.S Kimball Jr.
Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebua perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebiasaan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyussunan kerangka organisasi serta pemilian pejabat-pejabat terasnya.
g. George R. Terry.
Manajemen adalah tindakan-tindakan yang khas terdiri dari tindakan plsning, Organizing, actuating dan control. dimana masing-masing bidang digunakan ilmu pengetahuan maupun keahlian.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari kesamaan- kesamaan yang terdapat dalam berbagai macam definisi diatas bahwa....
1)  Manajemen selalu diterapkan dalam hungbungan usaha suatu kelompok manusia dan tidak terhadap suatu usaha satu orang tertentu.
2)  Dalam pengertian manajemen selalu terkandung adanya suatu tujuan tertentu yang akan dicapai oleh suatu kelopok yang bersangkutan.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa manajemen adalah persoalan mencapai sesuatu tujuan-tujuan tertentu dengan suatu kelompok orang-orang.

Oleh Wahyu Riyanto Koja PKP-PK

1 komentar:

patricavalero mengatakan...

Casinos Near Casinos Near Casinos - Mapyro
A map showing casinos and 안산 출장안마 other gaming facilities located near 아산 출장샵 Casinos, located in 삼척 출장마사지 United 충주 출장안마 States of America, located in at 13355 영천 출장안마 Las Vegas Blvd,